TINGKAT STRES MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA ZOOM DI STIK BUDI KEMULIAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.61633/jkkr.v1i1.4Keywords:
tingkat stres mahasiswa, DALAM PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA ZOOMAbstract
Latar belakang: Pada awal tahun 2020, COVID-19 menjadi masalah Kesehatan dunia. Kasus ini diawali dengan informasi dari (Badan Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO)
Penyebaran wabah yang sangat cepat sehingga setiap negara harus bertindak cepat untuk menekan angka penyebaran dan kejadian COVID-19. Semua kegiatan pembelajaran beralih ke pembelajaran daring tidak terkecuali pembelajaran di perguruan tinggi. Pembelajaran tetapi dengan berjalannya proses pembelajaran, mahasiswa mengalami beberapa kesulitan, seperti sinyal yang kurang mendukung,, banyak gangguan belajar ketika dirumah, materi yang disampaikan sulit untuk dipahami, Hal tersebut dapat menimbulkan stress yang dialami oleh mahasiswa
Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif. Sampel dipilih secara purprosive sampling menggunakan data primer yaitu menggunakan kusioner sebagai pedoman wawancara atau google form dan disebarkan melalui WhatsApp Group.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian dari 88 responden didapatkan distribusi pengetahuan tentang gejala stres adalah kategori Baik yaitu 86 mahasiswa (97,7%), distribusi tingkat stres berdasarkan efektifitas didapatkan bahwa kategori Tidak Efektif yaitu 72 mahasiswa (81,8%), distribusi tingkat stres berdasarkan lingkungan didapatkan hasil Kategori Setuju yaitu 42 mahasiswa ( 47,7%) dan untuk distribusi perilaku didapatkan hasil Hampir Selalu yaitu sebanyak 53 mahasiswa ( 60,2%)
Kata Kunci: Pembelajaran Via Zoom, Tingkat Stres, Pandemi Covid-19