Pengaruh Menonton Youtube terhadap Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 5 Tahun tanpa Pengawasan Orang Tua di TK Kemala Bhayangkari 05 Jakarta Barat Tahun 2023

  • Rizka Noviliani STIK Budi Kemuliaan
  • Fahrul W Arbi Rumah Sakit Budi Kemuliaan
  • Chaterina Manurung Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budi Kemuliaan
  • Suri Nurharjanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budi Kemuliaan
Keywords: Anak usia dini, Kemampuan berbicara, Youtube, Durasi, Frekuensi, Jenis konten

Abstract

Berbicara merupakan salah satu potensi yang harus dikemabangkan sejak dini, berbicara merupakan bentuk komunikasi untuk berinteraksi dengan orang lain. Anak usia 5 tahun pemerolehan kata bertambah mencapai 5.000 sampai 8.000 kata dan dapat menyampaikan kalimat dengan kompleks.Perkembangan zaman dan teknologi membuat manusia dapat mengakses berbagai hal dengan mudah, sehingga anak dapat menggunakan gadget untuk menonton YouTube Menurut KPAI bahwa sekitar 52% anak menonton YouTube setiap harinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh menonton YouTube terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5 tahun tanpa pengawasan orang tua di TK Kemala Bhayangkari 05 Jakarta Barat. Jenis penelitian ini observasi analitik dengan desain cross sectional. Sampel sebanyak 42 responden usia 5 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan SPSS menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara durasi (p-value = 0,004), frekuensi (p-value = 0,002), jenis konten  (p-value = 0,015), dan tidak ada pengaruh antara jenis kelamin (p-value = 0,932), pendidikan ibu (p-value = 0,310) terhadap kemampuan berbicara. Saran bagi penelitian selanjutnya, yang akan meneliti hal yang sama diharapkan peneliti selanjutnya dapat menerapkan metode penelitian yang berbeda dan menambah variabel bebas yang mempengaruhi perkembangan anak khususnya kemampuan berbicara anak.

 

Published
2023-10-28